Tugas 8 Kelas APSI E - 2023

Data Modelling

Pengertian dari data modelling ini adalah sebuah proses untuk menganalisis serta memberikan definisi yang diperlukan untuk mendukung sebuah proses bisnis, namun dalam konteks ini adalah proses bisnis sistem informasi yang spesifik. Sebuah model data ini digunakan untuk menghubungkan antara sebuah konsep bisnis dan bagaimana sebuah data disimpan dalam sistem komputer. Pada model data ini dapat digunakan dalam banyak hal termasuk dalam perancangan sistem pada database, pengembangan aplikasi, analisis data, pengambilan keputusan bisnis, dan masih banyak lagi.

Tujuan digunakan data modelling ini tentunya untuk memasikan agar sebuah data yang telah disimpan pada sistem database dapat digunakan dan dikelola secara efisien dan efektif. Efeknya pada sebuah bisnis, tentunya dapat menentukan keputusan bisnis dengan tepat sasaran sehingga positif sekali penggunananya. Model data ini ada macam-macam, yaitu Conceptual Data Model, Physical Data Model, serta Logical Data Model.

Dalam tugas kali ini, diberi tugas bagaimana sebuah data modelling pada layanan streaming film online. Dalam hal ini referensi yang diadopsi menggunakan layanan netflix


  • Conceptual Data Model (CDM)
Pada CDM ini, untuk menguraikan hal apa yang harus ada pada sistem logika struktur namun tanpa memberikan pertimbangan bagaimana sebuah data akan disimpan pada database fisik. Pada umumnya, ini melibatkan identifikasi entitas utama pada sistem serta hubungan antar entitas tersebut. Berikut ini adalah struktur CDM pada layanan streaming film :



  • Logical Data Model (LDM)
Pada LDM kini merupakan level lanjutan dari CDM. Proses ini merupakan cara bagaimana sebuah data diatur dan bagaimana sebuah entitas dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Pada LDM ini umumnya didefinisikan dalam konteks model data seperti model relasional. Berikut ini bagan LDM yang telah dibuat : 



  • Physical Data Model (PDM)
Pada PDM ini, untuk memberikan definisi cara data disimpan secara fisik dalam databse. Seperti lebih detail pada tabel, indeks, dan jenis dari data tersebut. Berikut ini struktur PDM yang telah dibuat :





Komentar